100 tumpeng akan disiapkan untuk sedekah ringin kembar

masyarakat kawasan candi borobudur selama desa ringin putih, kabupaten magelang, jawa tengah, ingin menyiapkan 100 tumpeng untuk prosesi sedekah ringin kembar untuk menghidupkan tradisi budaya bersih desa setempat.

kegiatan merti desa (bersih desa) tersebut tenntang melalui agenda bersama masyarakat desa lainnya dalam sekitar borobudur 'ruwat rawat 'borobudur selama 1,5 bulan mendatang, papar sekretaris panitia ruwat rawat borobudur 2013 sugeng muslih dalam borobudur, sabtu.

ia menjelaskan tumpeng dan dengan swadaya disiapkan warga daripada semua rukun tetangga dan kepala dusun setempat tersebut akan diarak sejauh Salah satu kilometer daripada balai desa ringin putih menuju info dalam tepi dusun sriyasan.

tempat di tepi areal persawahan yang menghubungkan dusun sriyasan dengan dusun kranggan, desa ringin putih, kecamatan borobudur tersebut terpercaya warga, sudah tumbuh pohon ringin putih dengan tak kasat mata pada waktu lampau.

Informasi Lainnya:

ia menyampaikan 100 tumpeng akan diletakkan selama web itu supaya kemudian modin dusun setempat, dahlan (60), memimpin doa serta seterusnya masyarakat menyantap sajian tumpeng itu secara bersama-sama.

sugeng yang juga ketua badan perwakilan desa ringin putih itu menyatakan aktifitas serupa dalam kemarin ditandai dengan penanaman pohon beringin selama web tersebut.

prosesi sedekah ringin kembar yang ditandai dengan perarakan 100 tumpeng tersebut akan berlangsung di 2 juni 2013.

ia mengatakan prosesi itu juga menggandeng ratusan masyarakat dan tergabung selama seluruh grup kesenian tradisional. mereka ingin menggunakan pakaian tarian tradisional masing-masing, seperti kuda lumping, topeng ireng, uyon-uyon, kubro siswo, sholawatan jawa, rebana, ketoprak, serta buto grasak.

sejumlah pihak mau mengambil air dari kompleks taman wisata candi borobudur supaya dibawa ke desa kami untuk menyiram pohon beringin dan kami tanam tahun lalu. ini simbol pemeliharaan terhadap upaya penghijauan dan telah kami lakukan, kata sugeng dan juga ketua bidang organisasi warung tempat jagat cleguk, Satu komunitas borobudur supaya upaya konservasi kawasan candi borobudur.