PM Turki tetap akan ke Gaza sekalipun AS keberatan

perdana menteri turki recep tayyip erdogan selama selasa mengatakan ingin tetap menggarap perjalanan ke jalur gaza sesuai melalui rencana selama bulan depan, sekalipun amerika serikat menyerukan menunda kunjungan tersebut.

tidak banyak masalah agar menunda perjalanan tersebut, papar erdogan pada televisi turki, lapor afp.

washington telah mendesak erdogan agar menunda mengunjungi wilayah palestina yang miskin itu melalui menyatakan apabila keputusan itu hendak mengganggu upaya amerika serikat untuk menghidupkan kembali proses perdamaian pada timur tengah dan hampir mati.

erdogan menekankan apabila masa yang tepat supaya kunjungannya ke gaza mau ditetapkan setelah ia menggarap pertemuan melalui presiden amerika serikat barack obama pada gedung putih selama 16 mei.

Informasi Lainnya:

dalam perjalanan ke istanbul dalam akhir pekan, menteri luar negeri amerika serikat john kerry menungkapkan manakala perjalanan tersebut akan lebih menarik kalau ditunda seraya mendesak erdogan supaya menanti situasi yang tidak keliru.

itu merupakan perasaan kami dengan konstruktif kiranya kami berpikir apabila waktunya sangat berguna sehubungan melalui proses perdamaian dan kami silahkan agar wujudkan, tegas kerry.

erdogan mengecam balik komentar kerry melalui tegas serta menyampaikan, kami harapkan dia tak menyatakan tersebut.

pada senin, ankara menyampaikan kecewa melalui komentar kerry.

pernyataan kerry tak tidak keliru secara diplomatis tutur wakil perdana menteri turki bulent arinc pada wartawan.

terserah pemerintah kami untuk memutuskan ke mana perdana menteri kami ataupun pejabat terpercaya turki melawat serta kapan.