Kepala BPN serahkan 17.680 sertifikat di Makassar

kepala badan pertanahan nasional (bpn) ri, hendarman supandji memberikan sertifikat tahap pertama tahun 2013 sebanyak 17.680 sertipikat tanah pada masyarakat, polda sulsel, kodam wirabuana, dinas perhubungan juga instansi pemerintah lainnya di makassar, senin.

dalam keterangan tertulis humas bpn, menyebutkan penyerahan sertifikat itu dilakukan secara simbolik oleh kepala bpn kepada 46 penerima dalam halaman properti jabatan gubernur sulawesi selatan, senin.

sebanyak 17 ribu lebih sertifikat ini merupakan hasil kerja kanwil bpn sulawesi selatan dari januari 2013 sampai sekarang. ini adalah hasil kerja luar biasa dari segenap jajaran bpn sulsel. total target tahun ini 38 ribu sertifikat tanah pada sulawesi selatan, papar hendarman.

dia menjelaskan agar semua wilayah indonesia terdapat kurang lebih 85 juta jenis tanah yang perlu disertifatkan. sampai saat masih 45 juta jenis yang sudah diberikan sertipikat.

Informasi Lainnya:

oleh sebab itu, jajaran bpn ri supaya berusaha lebih bersegeralah untuk menyerahkan pelayanan sertifikat tanah yang lebih bagus kepada warga.

hendarman menekankan untuk semua jajaran selama bekerja taat kepadan agama juga taat terhadap azas supaya warga mendapat pelayanan paling pas.

pada kesempatan itu, hendarman kembali mengingatkan dua tugas dan diberikan presiden susilo bambang yudhoyono kepadanya selama memimpin bpn. presiden memberi aku dua tugas yakni mengurangi sengketa serta ingat pada orang kecil, katanya.

untuk tersebut, bpn akan terus menggalakkan program-program pro-rakyat dan pada ini sudah berjalan. program-program itu keduanya sertipikat prona tidak mengeluarkan biasa, program jemput bola layanan sertifikat tanah agar rakyat (larasita) dan program one day service.

mantan jaksa agung ri tersebut dan menekankan kembali prinsip dasar bahwa tanah adalah sumber kesejahteraan serta kemakmuran terhadap rakyat, makanya tanah harus dihindarkan daripada spekulasi.

sejalan dengan penggalakan web pro-rakyat tersebut, bpn dan hendak mempertimbangkan hak untuk usaha (hgu) kepada perusahaan atau holding perusahaan yang telah memiliki hgu lumayan luas. aku juga ingin menyewa untuk pemegang hgu membangun konsep plasma dan inti untuk bermanfaat bagi warga, tegasnya.

kepala kanwil bpn sulawesi selatan, elfachri budiman menyampaikan 17.680 sertipikat dan dibagikan tersebut diantaranya terdiri dari prona 11.282 jenis, redistribusi tanah agar rakyat miskin 2942 jenis, upaya-upaya kecil menengah (ukm) 465 bidang, nelayan 469 bidang, masyarakat berpenghasilan rendah (mbr) 75 bidang, instansi pemerintah 474 jenis, larasita 1.097 bidang, wakaf 73 bidang dan sisanya 803 agar pertanian.

elfachri serta mengakui sengketa tanah lumayan ada di wilayah kerjanya. kami sudah melaksanakan 220 sengketa lewat mediasi serta gelar perkara, katanya.

sementara itu, gubernur sulsel syahrul yasin limpo mengatakan pihaknya siap berusaha sama dengan bpn supaya melancarkan proses sertipikasi tanah terhadap warga. jenis kerja sama tersebut salah satunya melalui penandatangan mou antara gubernur sulsel melalui kakanwil bpn sulsel dan disaksikan kepala bpn ri.