PKB isyaratkan usung Khofifah di Pilkada Jatim

dewan pimpinan wilayah partai kebangkitan bangsa jawa timur mengisyaratkan mau mengusung secara terpercaya khofifah indar parawansa sebagai calon gubernur di pilkada jatim, 29 agustus 2013.

kami dalam pkb jatim belum mendapat perintah langsung daripada dpp pkb. namun semua isyarat itu banyak dan kami kini sedang berkonsolidasi dan berkoordinasi dengan sederat aliansi partai nonparlemen supaya berkoalisi, papar ketua dpw pkb jatim abdul halim iskandar saat ditemui usai deklarasi juga pelantikan gemasaba pada surabaya, sabtu.

jika keputusan pkb jatim telah dipastikan dengan demikian terjadi dualisme dukungan antara dewan syura pkb jatim melalui dewan tanfidz. pengurus dewan syura telah sepakat serta memberikan dukungannya ke pasangan bakal calon gubernur soekarwo-saifullah yusuf.

kami baru hendak mencari solusi terbaik agar kepentingan jatim. makanya masih merangkai partai politik lain bila ternyata keputusannya resmi ke ketua umum pp muslimat nu, khofifah, kata dia.

Informasi Lainnya:

halim iskandar mengaku pihaknya masih merangkai beberapa partai politik nonparlemen karena suara pkb tidak lumayan mengantar dan mengusung calon sendiri.

sesuai agama kpu jatim, partai politik boleh mengusung dengan syarat membeli 15 persen atau 15 kursi pada dprd jatim dalam pemilu 2009. sementara, suara pkb hanya 12,26 persen ataupun setara 13 kursi.

sampai sekarang, sudah ada lima partai politik nonparlemen dan menyampaikan bergabung diantaranya partai pengusaha dan pekerja indonesia (pppi), partai demokrasi pembaruan (pdp), ppnui dan pkpi. jika ditotal melalui suara pkb, telah kurang lebih 16,48 persen.

dia dan menegaskan, walaupun ketua publik dpp pkb muhaimin iskandar adalah adik kandungnya, bukan berarti di persoalan politik dikaitkan melalui keluarga. sebab, muncul isu muhaimin tidak ingin berani memecat kakaknya bila pkb jatim tidak mematuhi ajaran di dpp.

ini merupakan masalah organisasi, bukan persoalan keluarga. dewan syuro serta belum tentu ke soekarwo-saifullah yusuf karena masih ada kemungkinan berubah terus, papar halim iskandar dan juga wakil ketua dprd jatim itu.

di tempat yang sama, sejumlah mahasiwa yang tergabung selama gerakan mahasiswa Satu bangsa (gemasaba) partai kebangkitan bangsa jawa timur mendoakan khofifah indar parawansa untuk gubernur jawa timur jangka waktu 2014-2019.

kami mendoakan khofifah menang dan siap memberikan dukungan. apalagi rekomendasi pkb ingin segera diberikan, ujar ketua dpw gemasaba jatim, salim asyhuri.

menurut dia, untuk organisasi sayap pkb jatim dengan demikian mesti mendukung calon gubernur daripada kelompok masyarakat tokoh nahdlatul ulama (nu). sosok pemimpin nu dalam jatim ini, papar dia, amat dibutuhkan oleh masyarakat jatim dan mayoritas adalah penduduk nu.

pihaknya dan siap mendukung penuh target partai selama memenangkan pemilihan publik legislatif 2014 juga meraih kursi sebanyak-banyaknya, mulai dprd tingkat kabupaten/kota serta dprd i tingkat jatim.