Korut tidak dapat lindungi kedutaan asing setelah 10 April

korea utara menyatakan bahwa negara tersebut tak mampu menjamin keselamatan serta keamanan kedutaan-kedutaan asing selama pyongyang sesudah 10 april.

korea utara dan mendesak inggris, rusia juga sejumlah negara eropa lain agar mengungsikan staf kedutaannya pada sedang ketegangan nuklir kawasan.

surat dan kami terima mengatakan, sesudah 10 april pemerintah korea utara tak mampu menjamin keselamatan kedutaan-keduataan juga organisasi internasional di periode konflik, papar juru bicara kementerian luar negeri inggris yang tidak disebutkan namanya oleh afp.

juru bicara tersebut menyatakan bahwa inggris tengah mempertimbangkan langkah seterusnya dan di ketika bersamaan mengingatkan korea utara hendak tanggung jawab agar melindungi misi diplomatik sesuai konvensi wina.

Informasi Lainnya:

sementara itu rusia, yang mengakibatkan hubungan relatif tidak jauh dengan korea utara serta melayani surat dipercaya dan sama.

pernyataan itu dikirim ke seluruh kedutaan asing selama pyongyang dan kami saat ini sedang berusaha supaya mengklarifikasi situasi, tutur menteri luar negeri rusia sergei lavrov sebegaimana dikutip daripada kantor berita negara tersebut.

kami ketika ini sedang berkomunikasi melalui china serta amerika juga negara anggota `six-party talk` dan lain, papar lavrov.

sumber lain dari kementerian luar negeri rusia, sebagaimana dikutip dari interfax serta ria novosti, menungkapkan kiranya keselamatan masyarakat negaranya adalah prioritas pengambilan keputusan.

sayangnya, situasi (dalam peninsula korea) saat ini tak maju sebagaimana kami cari. terhadap kami, keamanan penduduk negara rusia merupakan prioritas, papar sumber dan dirahasiakan identitasnya itu.

di sofia, juru bicara kementerian luar negeri dimitar yaprakov mengkonfirmasi kiranya korea utara telah mengirimkan surat supaya bulgaria dan negara uni eropa lain dan berisi himbauan untuk mempertimbangkan penarikan staf diplomatik dari pyongyang atas alasan keamanan.

yaprakov mengatakan, pyongyang dalam surat itu menberitahu seluruh kedutaan asing bahwa kementerian luar negeri korea utara siap membantu apabila terkandung niat untuk bagus misi diplomasi.